Tuesday, April 7, 2009

Bagaimana Cara Membuat Artikel Blog?

By: E.W.Sumantri

Mau tidak mau konsekuensi memiliki Blog adalah rutinitas membuat artikel . Sebuah alternative cara yang mungkin bisa anda gunakan dalam membuat artikel:

Cara Membuat Artikel - Langkah pertama :
Browsing menuju Google Insight untuk mencari keyword yang akan menjadi tema dalam membuat artikel.Dengan menggunakan Google Insight ini kita bisa mendapatkan keyword yang banyak digunakan dalam pencarian google dalam suatu wilayah dan kurun waktu tertentu. Tentunya dengan menggunakan keyword tersebut diharapkan kita dapat membuat artikel yang akan mendapatkan peringkat yang baik dalam daftar pencarian google.


Cara Membuat Artikel - Langkah kedua:
Dalam membuat artikel saya menggunakan Microsoft Word, hal ini dilakukan agar membuat mudah perhitungan banyaknya kata dalam artikel. Seperti kita ketahui para ahli SEO menganjurkan jumlah keyword yang menjadi target dalam sebuah artikel sekitar 5% sampai dengan 7%, jika kita membuat artikel dengan 400 kata maka keyword yang digunakan berjumlah sekitar 20 sampai 28 buah kata. Ok anggap saja kita akan membuat 20 kali pengulangan keyword dalam artikel yang akan dibuat.

Cara Membuat Artikel - Langkah ketiga:
Ketikkan keyword tersebut sebanyak 20 kali. Hal ini tanpa disadari akan membuat mudah dalam mengontrol antara banyak kata yang telah dibuat dalam sebuah artikel dengan sisa keyword yang belum digunakan.

Cara Membuat Artikel – Langkah keempat:
Membuat kerangka awal, yang tidak mengikat, bagilah artikel menjadi 3 bagian yaitu: pendahuluan artikel, isi artikel, dan penutup artikel. Anda bisa membuat cara penulisan piramida terbalik, yaitu memberikan rincian pada bagian awal artikel kemudian membuat kesimpulan pada bagian akhir artikel.
Agar artikel lebih efektif dilihat dari sudut pandang SEO, usahakan untuk membuat Long Tail Keyword dari Keyword tersebut.

Cara Membuat Artikel – Langkah kelima:
Cara melihat banyaknya kata yang telah dibuat dalam artikel: klik pada Tools, lalu Word Count, maka akan dilihat jumlah kata.
Pengecekan jumlah keyword pada artikel dapat dilakukan dengan cara: Lakukan klik pada Edit, Replace, lalu klik pada Replace, kemudian masukkan keyword pada Find what, ketikkan keyword yang sama pada Replace with dan klik Replace all.
Anda akan mendapatkan : Word has competed its search of the document and has made 20 replacements. Dapat dilihat jumlah keyword yang diganti dengan keyword yang sama berjumlah 20 buah, maka jumlah keyword artikel tersebut 20 buah. Pada akhir penulisan artikel, lakukan pengecekan dan usahakan perbandingan keyword dengan jumlah kata berkisar 5% - 7%.

Ini hanyalah salah satu dari banyak cara membuat artikel, mungkin anda sudah memiliki cara yang cocok dengan cara kerja anda .. Dengan banyak berlatih membuat artikel secara teratur, kemampuan kita membuat artikel yang menarik untuk pembaca sekaligus search engine akan semakin terasah.

Semoga Bermanfaat, dan terima kasih untuk komentar dan saran anda.