Tuesday, June 9, 2009

Setelah Tampil di Halaman Pertama Daftar Pencarian Lalu?

By: E.W. Sumantri

Setelah tampil di halaman utama pencarian google lalu apa yg harus di lakukan?
Pada artikel sebelumnya saya memaparkan tentang tips bagaimana memperbesar kemungkinan untuk sebuah artikel tampil di halaman pertama daftar pencarian google. Artikel kali ini akan mengulas secara singkat tentang tindak lanjut dari artikel yg telah berhasil tampil di halaman pertama pencarian google tersebut.

Manfaat tampil di halaman pertama pencarian google

Sedikitnya ada 2 manfaat jika sebuah artikel tampil halaman pertama pencarian google, tentunya pada keyword atau prasa keyword yg memiliki banyak pencarian, yaitu:

Manfaat tampil di halaman pertama pencarian google #1:
Traffic akan meningkat dan jika tidak dapat mengantisipasi datangnya pengunjung akan mengakibatkan artikel yg telah di buat menjadi sia-sia saja.

Manfaat tampil di halaman pertama pencarian google #2:
Dengan tampil di halaman pertama google akan memperbesar peluang blog di temukan ketika seseorang melakukan pencarian topik atau keyword yg diinginkan.

Tindak lanjut dari artikel yg tampil di halaman pertama pencarian google.

-Tindak lanjut dari artikel yg tampil di halaman pertama pencarian google #1:
Buatlah sesuatu yg membuat pengunjung mengingat blog anda. Artikel yg tampil dihalaman pertama google harus di barengi dengan kesiapan anda memberikan sesuatu yg bermanfaat bagi pengunjung. Jika pengunjung merasakan manfaat dari blog anda maka tidak mustahil ia menjadi pengunjung setia blog anda.

-Tindak lanjut dari artikel yg tampil di halaman pertama pencarian google #2:
Dan jika blog anda mempromosikan jasa atau produk tentunya hal ini merupakan suatu hal yg baik. Promosikanlah jasa atau produk anda dengan memasang link pada artikel tersebut. Bisa juga dengan memasang banner yg mempunyai disain menarik pada blog, atau autoresponder.

-Tindak lanjut dr artikel yg tampil di halaman pertama pencarian google #3:
Jangan menunda untuk memanfaatkan artikel yg tampil di halaman pertama pencarian google. Karena bisa jadi artikel tersebut hanya mampu bertahan beberapa minggu atau bahkan dalam hitungan hari bertahan di halaman pertama. .


-Tindak lanjut dr artikel yg tampil di halaman pertama pencarian google #4:
Pelajari halaman pencarian tersebut.
Download halaman pertama hasil pencarian google dan simpan pada folder untuk kemudian bisa anda pelajari.

-Tindak lanjut dr artikel yg tampil di halaman pertama pencarian google #5:
Gunakanlah tools untuk mempelajari halaman pertama pencarian google tersebut.
Beberapa tool yg bisa digunakan adalah:

SeoQuake: Tool ini merupakan add-on dari firefox, dengan SeoQuake anda bisa melihat kondisi dari blog atau situs seperti google index, google link,yahoo index, yahoo link, msn link, alexa rank, internal dan external link, density dsb.

Mypagerank: Banyak tools bermanfaat tersedia di disitus ini, seperti google boot last accest, link check, meta tag analysis dsb.

Ghostery: melalui tool ini anda bisa melihat tool-tool tersembunyi yg digunakan oleh sebuah blog atau website.

Kesimpulan tentang halaman pertama pencarian google.
Tips ini hanyalah merupakan pendapat saya, sebagai seorang pemula, melalui usaha trial and error dalam membuat sebuah artikel blog. Jauh dari sempurna maka saran ataupun komentar dari anda sangat saya hargai.

Terimakasih dan selamat berkarya…